Yang Wajib Ditest Waktu Beli Kamera Baru/Bekas

Kira2 apa aja sih yg mesti kita Test sewaktu mau membeli kamera baik itu Baru ataupun Bekas?

Sebenarnya untuk beli barang baru yg bergaransi gak masalah sih kalau Kameranya ada rusak..
Cuman rasanya “resek” aja kalo udah pulang seneng2 sampe rumah ketemu masalah. Jadi harus mondar mandir ke Service Centre. Lebih apes lagi kalo ketemu teknisi yg berlagak bego.

cara ngetestnya :

1. Focus Shifting (pergeseran fokus)
Caranya: Foto tanda + batere persis ditengah2 View Finder kemudian di lihat di LCD lalu DIPERBESAR/ZOOM….. jika tanda + itu melenceng dari tengah2 LCD berarti ada kemungkinan kamera itu bermasalah pada focusnya.

2.Periksa LCD dari DEAD pixel

Caranya: Tutup dengan tangan/kertas bagian lensa (set ke MF dulu untuk DSLR, kemudian perhatikan hasil yg gelap itu… apakah ada tanda2/warna yg selain hitam. Kalau ada berarti kemungkinan ada Dead Pixel pada LCD

3. Periksa Sensor dari HOT pixel
Caranya: Mungkin seperti cara test Dead Pixel pada LCD (ditutup lensanya lalu jepret) atau foto bidang yg gelap
Kalau di lihat ada titik merah lalu digeser sewaktu dizoom ikut pindah berarti itu HOT PIXEL pada Sensor, tapi kalau di zoom tidak pindah artinya Dead Pixel pada LCD

Note: Hot Pixel suka nongol kalo kita suka main di BULB dan HIGH ISO… Jadi jangan kaget kalo habis main2 di Bulb malam2 nguber KembangApi tau2 ada tamu yg gak diundang

4. Periksa Sensor dari Debu (bisa dibersihkan dgn bantuan tenaga profesional (±150rb)

Caranya foto langit cerah atau layar monitor yg putih dengan settingan f 22 keatas…… akan terlihat bercak2 jika ada kotoran pada sensor.

5. Pemeriksaan Standard

  • Periksa semua tombol2 fungsi dan menu, body atau LCD dari baret2
  • Perhatikan mur2nya… ada bekas ‘dibuka’ atau ngak….
  • Perhatikan lens mount-nya… keliatan kameranya bekas dipake ‘perang’ atau cuma disimpen di lemari aja.
  • Kalo beli kamera baru, wajib kudu musti beli garansi resmi. BUKAN garansi internasional, garansi nikon jepang atau canon jepang.
  • Kalo beli kamera seken, cari yang eks garansi resmi. amat memudahkan hidup kalo kameranya perlu masuk bengkel resmi.

6. Pemeriksaan Perkiraan UMUR SHUTTER (untuk camera bekas)

  1. nyalain kamera.
  2. set ke mode M.
  3. set shutter speed ke bulb
  4. lepas lensa
  5. teken shutter,tahan
  6. mirror (yg dibelakang lensa) bakal keangkat.
  7. cek mirror sm pelat yg dibelakang mirror.klo msh rapet brarti umur shutter msh bisa lama. Klo da longgar, mendingan jangan d…calon ganti shutter tuh…

Ane slalu ngecek pk metode diatas krn sc cman perkiraan dr pabrikan aj.klo lg sial dpt badcopy sc dikit bs aj da longgar krn umur.😀

source : kaskus.us

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: